SEKILAS INFO
: - Kamis, 22-10-2020
  • 4 bulan yang lalu / Jaga Jarak, Selalu Mencuci Tangan, dan Gunakan Masker Saat Keluar rumah
  • 5 bulan yang lalu / Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum”
  • 2 tahun yang lalu / Sebaik-baik Kamu adalah orang yang Belajar dan mengajarkan Al-Qur’an (H.R.Bukhari dan Muslim)
Ada Apa dengan Kiblat Baitul Mushadah?

Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, mengukur kembali arah kiblat/kalibrasi kiblat Masjid Baitul Musyahadah (Kupiah Meukeutop) Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, Selasa (11/12).

Al-Firdaus Putra, salah seorang tim BHR Kanwil Kemenag Aceh,mengatakan, arah kiblat masjid tersebut telah bergeser akibat gempa bumi, sehingga wajib dilakukan pengukuran ulang agar arah kiblatnya benar. Menurut dia, arah kiblat selama ini bergeser ke selatan. “Pengukuran untuk penentuan keakuratan arah kiblat menggunakan alat Theodolit Top Con DT-200,.

BHR juga melakukan menentukan keakuratan arah kiblat di Masjid Kampus Lembaga Administrasi Negara (LAN) kawasan Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. “Sore ini (kemarin) kami juga akan melaksanakan pengukuran arah kiblat di Masjid Al-Falah, Garot Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar,” sebutnya.

Hadir pada pengukuran arah kiblat itu, Imam Besar Masjid Baitul Musyahadah, Tgk H Ghazali Cutni, Ketua I Pembangunan Masjid dr H Abu Bakar Umar dan Ketua II Tgk Abdullah ATB serta ketua remaja masjid Rustandi SPdi. “Insya Allah dengan diperolehnya kembali titik terang keakuratan arah kiblat di Masjid Baitul Musyahadah, dalam waktu dekat ini panitia mesjid juga akan mengganti seluruh lantai dari keramik ke marmar sebanyak 1.900 lembar. Secara bertahap mihrab (tempat imam) juga akan ditentukan kembali,” kata Tgk Abdullah ATB.

Pada malam harinya yaitu rabu malam remaja masjid berserta ustad-ustad TPQ Baitul Musyahadah mengecat shaf yang selama ini digunakan dengan cat warna putih, dan kemudian mengganti dengan shaf baru menggunakan laksban kuning agar jemaah tidak binggung. hadir juga di malam itu kepala TPQ Baitul Musyahadah Rahmat Hidayatullah, kaur Kesantrian Mubasirullah, Koor Minat Bakat Zanzibar, sekretaris TPQ Fahmi Kamal beserta ustad-ustad pengajar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman Terbaru

Perpanjangan Mengaji di Rumah

Lomba Sayembara Kreativitas Anak Muslim 2020

Pembagian Raport 2018/2019